5 Fakta Menarik Tentang Negara Tibet





Tibet adalah daerah dataran tinggi yang memiliki ketinggian rata-rata berkisar antara 14, 000 ft sampai 16, 000 ft. Makanya tak heran jika negeri ini sering dijuluki orang sebagai negeri “Atap Dunia.”
Berikut 5 fakta menarik mengenai Tibet

1. Topografi
Tibet dengan ibukotanya Lhasa merupakan Daerah Otonomi Khusus RRC yang juga diberi nama oleh Cina Xizang. Berada di pegunungan Himalaya, dimana puncak Mt. Everest sebagai puncak tertinggi dunia berada. Berbatasan dengan Nepal, Bhutan dan India serta Xinjiang, Qinghai dan Sichuan di Cina.

2. Sejarah
Tibet dahulunya adalah sebuah kerajaan merdeka yang mengalami interaksi maupun benturan terutama secara politik dengan dinasti-dinasti yang ada di dataran Cina. Raja Tibet diberi gelar Dalai Lama, di mana Dalai Lama yang sekarang, Tenzin Gyatso adalah Dalai Lama ke-14. Dalai Lama adalah pemimpin negara Tibet dan sekaligus pemimpin keagamaan. Tibet menjadi provinsi Cina setelah serbuan tentara merah Cina pada tahun 1950 ke wilayah ini, pada musim gugur 1951 pasukan Cina berhasil menguasai ibu kota Lhasa dan mendongkel Dalai Lama dari kekuasaannya.


3. Agama
Walaupun mayoritas penduduknya beragama Buddha, namun agama lain seperti Islam juga berkembang di Tibet. Muslim Tibet, juga dikenal sebagai Kachee (Kache), merupakan minoritas kecil di Tibet. Meskipun muslim, mereka diklasifikasikan sebagai orang Tibet, tidak seperti Muslim Hui, yang juga dikenal sebagai Kyangsha atau Gya Kachee (Cina Muslim).


4. Pariwisata
Ada dua situs Warisan dunia yang terletak di Tibet, Potala Palace dan Norbuligka, yang merupakan bekas tempat tinggal Dalai Lama. Istana Potala berada di kota Lhasa, Tibet. Tempat ini diberi nama dari Gunung Potala, tempat kediaman Chenresig atau Avalokitesvara. Sekarang ini, Istana Potala diubah fungsinya oleh negara Cina menjadi sebuah museum.


5. Ciri Khas
Makanan pokok Tibet adalah Tsampa (tepung gandum yang dipanggang), sedangkan minuman nasionalnya merupakan teh yang dicampur mentega asin. Di Tibet setiap tahunnya sering diadakan sebuah festifal yang dikenal Losar (Festival Tahun Baru). Tanaman utama Tibet adalah Jelai dan binatang paling terkenal milik Tibet, Yak. Garis Kereta Api Qinghai-Tibet yang menghubungkan daerah Qinghai di Cina, merupakan jalur kereta api tertinggi di dunia.(**)




Anda sedang membaca artikel tentang 5 Fakta Menarik Tentang Negara Tibet dan anda bisa menemukan artikel 5 Fakta Menarik Tentang Negara Tibet ini dengan url http://tutorial-blogs.blogspot.com/2011/05/5-fakta-menarik-tentang-negara-tibet.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 5 Fakta Menarik Tentang Negara Tibet ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 5 Fakta Menarik Tentang Negara Tibet sebagai sumbernya.

Related Stories Widget by LinkWithin