Memanfaatkan Google Advance Search





Sampai saat ini Google bisa dikatakan sebagai mesin pencari yang paling populer di internet. Banyak fasilitas menarik yang ditawarkan Google selain pencarian standar. Fasilitas-fasilitas tambahan lainnya juga tersedia pada Google Advance Search. Kebanyakan pengguna memang jarang memanfaatkan fasilitas ini kecuali untuk tujuan khusus, misalnya untuk mencari hasil yang lebih spesifik dengan kriteria tertentu. Mungkin diantara kita sudah ada yang menggunakannya. Tetapi bagi yang belum, silahkan baca ulasan di bawah ini sekaligus dicoba.

minus (-), berfungsi untuk meniadakan keyword tertentu pada hasil pencarian.
Contoh : mobil -antik
Artinya mencari web yang mengandung kata mobil, tetapi tidak mengandung kata antik.

allintitle, berfungsi untuk mencari halaman web yang title-nya mengandung keyword yang anda cari. Title yang dimaksud disini adalah isi dari tag <title> pada source HTML.
Contoh : allintitle:strategi bisnis online
Artinya mencari halaman web yang titlenya mengandung strategi bisnis online.

link, berfungsi untuk mencari jumlah link dari website luar yang mengarah ke website kita. Fasilitas ini juga bisa kita manfaatkan untuk memantau jumlah link website pesaing kita. Dengan demikian, apabila kita membangun sebuah website baru setidaknya kita tahu kekuatan website pesaing, dilihat dari jumlah link eksternal yang dimilikinya.
Contoh : link:www.website-kita.com
Artinya mencari halaman web yang di dalamnya terdapat link ke www.website-kita.com

allintext, berfungsi untuk mencari halaman web yang content-nya mengandung keyword yang dicari. Content disini adalah teks yang terdapat di antara tag <body> dan </body> pada dokumen HTML.
Contoh : allintext:link popularity
Artinya mencari halaman web yang body teksnya mengandung prase link popularity.

filetype, berfungsi untuk mencari hasil dengan tipe file tertentu.
Contoh : artikel web filetype:pdf
Artinya mencari halaman web yang mengandung kata artikel web namun dengan format pdf saja.

define, berfungsi untuk mencari definisi dari prase atau kata kunci yang kita masukkan.
Contoh : define:seo
Artinya mencari definisi dari kata seo.

inurl, berfungsi untuk mencari web yang URL-nya mengandung kata kunci yang anda cari.
Contoh : inurl:indonesia
Artinya mencari website-website yang URL-nya mengandung kata indonesia. Operator ini juga bisa kita manfaatkan untuk mencari beberapa jumlah halaman dari website kita yang telah terlisting di Google. Misalnya : inurl:www.website-kita.com.




Anda sedang membaca artikel tentang Memanfaatkan Google Advance Search dan anda bisa menemukan artikel Memanfaatkan Google Advance Search ini dengan url http://tutorial-blogs.blogspot.com/2011/05/memanfaatkan-google-advance-search.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Memanfaatkan Google Advance Search ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Memanfaatkan Google Advance Search sebagai sumbernya.

Related Stories Widget by LinkWithin