Biografi: Gregory Efimovich Rasputin





Rasputin, sang legenda...
Rasputin, sang legenda...

MUNGKIN ada sebagian orang yang pernah mendengar tentang Rasputin. Dulu ketika saya masih kecil Rasputin ini disebut sebagai salah satu setan ataupun iblis yang memiliki kemampuan sihir yang tinggi. Setelah dewasa baru saya tahu bahwa Rasputin ternyata bukan cerita rekaan perwujudan iblis atau setan, tapi dia adalah manusia biasa yang tinggal dan hidup di Rusia pada zaman Tsar. Untuk lebih jelasnya saya akan mencoba untuk menceritakan biografi singkat dari Gregory Efimovich Rasputin atau lebih dikenal dengan Rasputin.
Gregory Efimovich Rasputin lahir di dusun Rusia, terkenal sebagai anak berandalan yg suka mabuk dan main cewek. Pada awalnya Rasputin berkenalan dengan agama Kristen Orthodok Rusia yang beraliran “aneh”, dimana dalam aliran ini mereka percaya untuk dekat dg Tuhan mereka harus berdosa terlebih dahulu. Ketika mereka sudah besimbah dosa, mereka akan meminta ampunan dosa, dengan begitu mereka bisa dekat dengan Tuhan. Untuk selanjutnya Rasputin memulai pengembaraannya sebagai pendeta.
Pada waktu itu, anak Tsar Nikolas pemimpin Rusia menderita penyakit Hemophilia, penyakit kelainan darah keturunan yg didapat dari garis keturunan Ratu Victoria Inggris. Jadi anak Tsar ini tidak bisa menghentikan pendarahan kalau seandainya terluka. Pada saat itu upaya untuk menyembuhkan penyakitnya sudah banyak dilakukan oleh Tsar. Semua dokter angkat tangan, sampai tiba-tiba Rasputin, yg udah dapat nama di sebagian kecil kalangan bangsawan, diajukan sebagai salah satu alternatif. Tsarina Rusia yang sudah putus asa atas penyakit anaknya akhirnya mau menerima Rasputin. Singkat cerita, entah bagaimana caranya (banyak teori tentang hal ini) Rasputin hanya sekedar menjenguk anak tersebut, tiba-tiba pendarahan yang tidak bisa ditangani oleh para dokter secara ajaib bisa berhenti dengan sendirinya.

Karena hal tersebut, Rasputin menjadi orang kepercayaan Tsar dan menjadi sangat berpengaruh di kerajaan Rusia. Konon kabarnya banyak keputusan kerajaan diambil berdasarkan nasihat dia, karena Tsar Nikolas dan Tsarina sangat mempercayai Pendeta ini.
Walaupun telah mendapat kepercayaan Tsar Rusia, Rasputin tetap seperti biasa dalam menjalankan ibadah anehnya. Bahkan Rasputin sering mengadakan pesta orgy seks di basement rumahnya sebelum minta pengampunan dosa. Selain itu Rasputin pun cuma mandi sebulan sekali!! Jadi bener-bener sesuai dengan personafikasi “kotor luar dan dalam” !!!!
Setelah melakukan banyak hal-hal serba kontroversial, yang salah satunya adalah dia menceritakan kepada temennya sewaktu mabuk-mabukan kalau anak-anak perempuan Tsarina sudah menjadi budak seks dia, akhirnya Rasputin diasingkan oleh Tsar Nikolas yang sudah tidak enak hati karena Rasputin memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap Tsarina.
Sewaktu anak Tsar Nikolas mendapat kecelakaan berkuda dan hampir mati karena kehilangan darah, Tsar Nikolas atas desakan Tsarina terpaksa meminta pertolongan Rasputin lagi. Hebatnya, Rasputin cuma bilang ke Tsarina dari tempat pengasingannya, “Jangan takut, anak itu ada di tangan Tuhan”, dan pendarahan pada si anak Tsar Nikolas pun langsung berhenti. Setelah kejadiaan ini, kekuasaan Rasputin tak tergoyahkan.
Akhirnya, para bangsawan yang sudah kehabisan kesabarannya terhadap Rasputin bersengkongkol untuk membunuh “orang ajaib” ini dengan alasan undangan makan malam dan iming-iming dikenalkan dengan istri Pangeran Yusupov yang terkenal akan kecantikannya. Karena iming-iming yang sedemikian menggiurkan tersebut, tidak akan mungkin ditolak oleh seorang Rasputin.
Selanjutnya, Rasputin diracun oleh mereka, tapi racun tersebut tidak berpengaruh apa-apa terhadap dirinya. Selanjutnya ditembak oleh Yusupov, tapi sewaktu ditinggal sebentar oleh Yusupov dan kawan-kawan karena dianggap sudah mati, mereka kaget setengah mati setelah melihat badan Rasputin sudah tidak ada di tempat semula. Sewaktu dilihat ternyata Rasputin berusaha merangkak keluar untuk kabur melewati kebun. Tentu saja Rasputin langsung dikejar oleh para konspirator ini, lalu dikeroyok sampai mati. Setelah benar-benar mati, badan Rasputin lalu dibungkus dengan karpet, lalu dibuang ke sungai.
Sewaktu Tsar Nikolas mengetahui tentang kejadian ini, beliau marah besar dan berusaha untuk menangkap para konspirator pembunuh Rasputin. Dan sewaktu badan Rasputin diangkat dari sungai, ternyata diketahui kalau Rasputin berhasil lolos dari bungkusan karpet. Sayangnya Rasputin sudah terlalu banyak meminum air sungai, sehingga sebelum selamat mencapai permukaan Rasputin sudah mati tenggelam.
Sebenernya para konspirator pembunuh Rasputin ini berusaha menyelamatkan Kerajaan Rusia dari pengaruh Rasputin, akan tetapi masyarakat sudah menganggap Rasputin sebagai wakil dari suara rakyat di kerajaan dikarenakan Rasputin berasal dari dusun. Oleh karena itu terjadilah pemberontakan, hampir seluruh anggota kerajaan Rusia ditangkap dan dibunuh.
Jadi, kematian Rasputin bukannya menyelamatkan kerajaan, malah menjadi katalis alias menjatuhkan palu kematian bagi Kekaisaran Rusia. Kematian Rasputin bukan alasan utama penyebab kejatuhan Rusia, tetapi merupakan momen pemicu yang tidak bisa dihindari lagi.
Tapi yang jelas, Pangeran Yusupov sebagai otak dari para konspirator sempet dibuat geleng-geleng kepala ketika membunuh Rasputin, dikarenakan Rasputin paling tidak memiliki nyawa rangkap 3 (he.. he…), yaitu :
1. Ketika Rasputin dikasih makanan yang sudah dikasih racun dengan dosis beberapa orang, dengan santainya dia menghabiskan makanan tersebut dan tidak terjadi apa-apa — 1 nyawa
2. Setelah dikasih makanan, disuguhi anggur yang sekali lagi dikasih racun. Ternyata anggur ini tidak berefek sama sekali terhadap dirinya — 2 nyawa
3. Ketika Pangeran Yusupov sudah kehabisan kesabaran, akhirnya dia dengan temen-temennya menembak Rasputin sampai semua peluru mereka habis dan berpindah ke tubuh Rasputin. Tapi ternyata hal ini pun tidak bisa membunuh Rasputin, mungkin sekedar pingsan saja — 3 nyawa
4. Akhirnya karena Yusupov takut dan ingin menghilangkan jejak pembunuhan Rasputin, dia membungkus Rasputin dengan karpet. Tubuh Rasputin diikat dan langsung dibuang ke sungai. Beberapa hari kemudian dia mendapat berita kalau ternyata Rasputin sudah mati, tapi sempet hidup dan melepaskan diri dari ikatan karpet dengan sukses — 4 nyawa
Well, ini hanya sekedar cerita yang diambil dari salah satu sumber di internet. Tapi yang jelas Rasputin ini adalah tokoh nyata dalam sejarah. Sihirnya memang tidak sehebat tokoh fiksi seperti Merlin, tapi setidaknya Rasputin diketahui memiliki bakat alami untuk melakukan penyembuhan. Dilahirkan sebagai seorang Kristen Orthodok, Rasputin juga tercatat sebagai seorang pengkotbah yang kharismatik. Bahkan cara dia memasuki lingkungan istana selain dari kekuatan penyembuhannya, dia juga pandai menggunakan bahasa Agama dan cukup menguasai ayat-ayat dalam Alkitab. Kombinasi ini membuatnya menjadi orang kepercayaan, bahkan kemudian menjadi penasihat tidak resmi dari keluarga kerajaan.
Para ahli sejarah lebih menerima bahwa Rasputin sebenarnya hanya memiliki kemampuan hipnotis selain bakat alamiah dalam penyembuhan. Apabila pribadinya dihubung-hubungkan sebagai seorang penyihir, hal itu lebih merupakan sesuatu yang dilebih-lebihkan. Mirip dengan cerita Prince Dracula yang setelah mati dilebih – lebihkan menjadi penghisap darah.




Anda sedang membaca artikel tentang Biografi: Gregory Efimovich Rasputin dan anda bisa menemukan artikel Biografi: Gregory Efimovich Rasputin ini dengan url http://tutorial-blogs.blogspot.com/2011/05/biografi-gregory-efimovich-rasputin.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Biografi: Gregory Efimovich Rasputin ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Biografi: Gregory Efimovich Rasputin sebagai sumbernya.

Related Stories Widget by LinkWithin