Belajar Sedikit Tentang Fotografi Sebelum Motret





Peristiwa atau moment dalam hidup kita hanya terjadi satu kali, oleh karena itu banyak orang yang ingin mengabadikan moment-moment penting dalam hidup mereka melalui fotografi. Akan tetapi, banyak pemula yang merasa kecewa dengan hasil foto mereka, entah subjeknya terlihat terlalu kecil, atau bahkan ada bagian tubuh yang terpotong. Oleh karena itulah tidak ada salahnya jika anda mengetahui sedikit dasar-dasar dari framming, agar anda tidak kecewa lagi.

Pada dasarnya framming dalam fotografi terdiri dari beberapa unsur, seperti :

1.Angle (Sudut Pandang)
Angle ini merupakan sudut pandang kamera, dimana anda membuat sudut dalam sebuah objek. Dalam Angle ini, terdapat 3 dasar dari angle, yaitu :

-HIGH ANGLE-
Sudut kamera melihat kebawah, tak penting dimana anda meletakkan kameranya, yang penting bagaimana sudut pandangnya. High Angle ini dapat membuat subjek yang difoto lebih kecil(kurus), oleh karena itu banyak wanita yang suka difoto dengan high angle ini. Selain itu High angle ini dapat membuat efek dimana subjek terlihat lebih kecil, menderita, ditindas,dsb.



-EYE ANGLE-
Sudut kamera diletakkan sejajar dengan arah pandang, jadi subjek dibuat sejajar dengan arah pandang kamera. Hal ini akan membuat subjek sejajar.



-LOW ANGLE-
Posisi kamera dihadapkan ke atas, jadi membuat kesan subjeknya lebih besar, berwibawa, dsb.



2.SHOT SIZE / TYPE OF SHOT
Ini merupakan ukuran gambar yang akan menentukan informasi apa yang ingin anda sampaikan.

-EXTREME CLOSE UP(ECU)-
merupakan tipe shot terkecil, biasanya digunakan untuk memberikan informasi tertentu dimana objeknya sangat kecil.



-BIG CLOSE UP(BCU)-
JIka subjeknya adalah kepala manusia, biasanya BCU ini diambil dari dahi hingga dagu.



-CLOSE UP (CU)-
Diambil dari kepala hingga bahu atas.



-MEDIUM CLOSE UP (MCU)-
Kepala hingga dada



MEDIUM LONG SHOT(MLS)
Kepala hingga lutut


LONG SHOT (LS)
Kepala hingga kaki



Sebenernya masih banyak lagi gan..seperti Very Long Shot(VLS), Extreme Long Shot(ELS), Areal Short(AS)....tapi untuk sementara ini dulu ya gan type of shot nya...

3. Komposisi
Komposisi merupakan hal yang tak kalah penting dalam pengambilan gambar, oleh karena itu sebelum anda memotret, sebaiknya anda paham mengenai komposisi ini. Terdapat 2 hal utama dalam komposisi, yaitu :


-HEAD ROOM-
Komposisi ini merupakan daerah ruangan diatas kepala. Jangan sampai terlalu berlebih, kecuali ada informasi lain yang ingin anda sampaikan.


Jarak antara Kepala dengan frame atas cukup dekat



Jarak antara kepala dengan frame cukup lega

-LOOKING ROOM-
Ini adalah jarak pandang antara mata dengan frame.Jika subjek melihat ke kiri, maka ruang sebelah kiri sebaiknya lebih luas dibanding sebelah kanan.Begitu pula sebaliknya.


ane bikin thread ini sendiri gan...kalo ada yang berbeda dari yang agan ketahui...mungkin saja terjadi...karena kiblat dunia ini di Indonesia ada dua, yaitu Jepang dan Amerika ndan...jadi kita hargain perbedaan ya ndan....maap juga kalo salah kamar..ane cuma mau sharing, n mudah2an jadi pengetahuan berharga buat komandan...setidaknya kalo ndan megang kamera, ndan ga bakal malu2in deh...hehehehe...




Anda sedang membaca artikel tentang Belajar Sedikit Tentang Fotografi Sebelum Motret dan anda bisa menemukan artikel Belajar Sedikit Tentang Fotografi Sebelum Motret ini dengan url http://tutorial-blogs.blogspot.com/2011/05/belajar-sedikit-tentang-fotografi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Belajar Sedikit Tentang Fotografi Sebelum Motret ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Belajar Sedikit Tentang Fotografi Sebelum Motret sebagai sumbernya.

Related Stories Widget by LinkWithin