10 Pabrikan Handset Terbesar Kuartal Pertama 2011







Kuartal pertama tahun 2011 ini sudah berlalu. Dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi mobile belakangan ini, tentu Anda penasaran siapakah vendor ponsel top dunia di awal tahun ini. Michael Morgan, analis dari firma riset ABI mengeluarkan hasil riset nya mengenai 10 pabrikan ponsel terbesar di dunia. Perlu dicatat kalau riset yang dilakukan ini hanya menghitung jumlah ponsel yang dilepas oleh produsen ke retailer dan bukan ke konsumen langsung, sedangkan peringkat yang disusun berdasarkan jumlah ponsel yang dijual melalui bundling operator.

Posisi puncak masih dikuasai oleh Nokia dengan penguasaan 32,7% atau turun sebesar 12% dibanding dengan awal tahun lalu. Penurunan ini masih lebih baik dibanding dengan penurunan pasar ponsel secara keseluruhan sebesar 13,9%. Kehilangan terbesar Nokia adalah di pasar negara berkembang dimana 77% dari total pengapalan produk Nokia berasal dari pasar ini. Mereka tergerus oleh ponsel-ponsel buatan Cina seperti Huawei, ZTE, dan TCL.

Samsung masih menguntit di posisi nomor dua dibawah Nokia. Perusahaan ini semakin lama semakin berkembang dan mulai mendekati Nokia dalam hal penguasaan pasar. Peningkatan share terbesar Samsung utamanya berasal dari ponsel-ponsel berfitur dasar mereka yang semakin di terima oleh pasar. Pengiriman ponsel pintar Samsung yang utamanya berbasis Android telah meningkat sebesar 16% jika dibanding dengan tahun lalu.

Kawan sekampung halaman Samsung yakni LG menempati posisi nomor 3. Meski tahun lalu LG kesulitan untuk menembus pasar ponsel pintar, tahun ini tampaknya mereka mulai mengubah haluan untuk dapat menjadi produsen ponsel pintar papan atas dengan merilis ponsel dengan dual core pertama di dunia. Dari segi bisnis juga penjualan ponsel pintar menghasilkan marjin keuntungan yang lebih besar dibanding dengan penjualan ponsel berfitur dasar. Hal ini tampak jelas pada kehadiran Apple di peringkat keempat pembuat ponsel terbesar dunia.

Dengan mengandalkan iPhone, Apple telah memasukkan diri nya ke posisi empat besar dunia. Peningkatan besar terjadi saat Apple bekerja sama dengan Verizon menghadirkan iPhone 4 CDMA pertama didunia dan laku hingga 2,8 juta unit sepanjang Febuari-Maret lalu. Michael memprediksi pertumbuhan Apple akan semakin besar sepanjang 2011 ini dengan kehadiran iPhone 4 putih dan masuknya iPhone versi CDMA ke negara-negara lain. Apalagi tahun ini juga akan hadir penerus dari iPhone 4.

Posisi kelima ditempati oleh pabrikan Kanada pembuat Blackbery, RIM. Pencapaian RIM terbilang cukup bagus mengingat target mereka adalah kalangan pebisnis. Kini RIM telah melihat bahwa penggunaan Blackberry mulai meluas ke kalangan anak muda dan mereka mulai mendandani Blackberry menjadi lebih menyenangkan. Peluncuran tablet Playbook sebagai pemutar media handal memperlihatkan keseriusan RIM dalam memasuki pasar baru. OS 7 dan membanyaknya penggunaan layar sentuh pada ponsel Blackberry yang terkenal dengan keyboard QWERTY nya serta penggunaan teknologi prosesor 1,2GHz dijadikan senjata untuk menghadapi pertempuran dengan vendor lain di tahun 2011 ini.
Produsen ponsel high-end asal Taiwan, HTC menempati posisi paling buncit pada share tahun 2011 ini. Sony Ericsson juga kehilangan share nya tahun ini dikarenakan mereka kehilangan pasar pada ponsel berfitur dasar dan kehadiran ponsel pintar yang tidak terlalu banyak.





Anda sedang membaca artikel tentang 10 Pabrikan Handset Terbesar Kuartal Pertama 2011 dan anda bisa menemukan artikel 10 Pabrikan Handset Terbesar Kuartal Pertama 2011 ini dengan url http://tutorial-blogs.blogspot.com/2011/05/10-pabrikan-handset-terbesar-kuartal.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 10 Pabrikan Handset Terbesar Kuartal Pertama 2011 ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 10 Pabrikan Handset Terbesar Kuartal Pertama 2011 sebagai sumbernya.

Related Stories Widget by LinkWithin