10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia





 Cara menghasilkan uang dari blog berbahasa Indonesia tidak semudah menghasilkan uang dari blog berbahasa Inggris. Namun, jangan kemudian menyerah dan berhenti ngeblog. Ada banyak alternatif dan cara menghasilkan uang dari blog berbahasa Indonesia. Saya telah mengumpulkan 10 cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari blog Anda.

1.     Menampilkan iklan. Ada banyak cara menampilkan iklan di blog berbahasa Indonesia. Ada iklan PPC lokal seperti iklan Sitti. Ada iklan internasional yang berbasis PPI (impression/setiap dilihat) seperti Clicksor. Anda juga bisa menjual spot di blog Anda. Bisa di sidebar, diatas/dibawah posting, dengan harga yang Anda tentukan sendiri.

2.     Menjadi seorang affiliate. Mendapatkan uang dari affiliate juga bisa dilakukan di blog berbahasa Indonesia. Ada pay per sale (dibayar setiap produk laku) seperti banner SEO yang saya pasang. Ada pay per lead (dibayar setiap ada yang ikut daftar) seperti domain gratis .co.cc. Dan banyak lagi affiliate lainnya (Anda bisa klik category affiliate untuk affiliate program yang ada di blog ini). Anda bisa menulis artikel tentang program affiliate tersebut menjadi sebuah postingan. Atau bisa juga pasang bannernya (lihat siderbar).

3.     Mengikuti program paid review. Anda akan dibayar dengan menulis artikel tentang suatu produk. Bisa lihat tentang paid review di Berkenalan dengan paid review. Paid review ini ada yang bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Terserah pilih yang mana.

4.     Menjual backlink dari blog Anda. Biasanya ini disebut text link ads, sponsored link, dsb. Namun keperluannya sama, yaitu ingin mendapatkan backlink dari blog lain. Nah, untuk backlink ini Anda bisa daftar yang international. Rekomendasi saya adalah Intellilinks. PR 1 dihargai dari $15 sampai $30 setiap linknya.

5.     Memasang Google AdSense for Search. Walaupun AdSense for content bisa dipasang ke blog berbahasa Indonesia, tapi pendaftarannya harus memakai blog berbahasa Inggris. Untuk yang mendaftar dengan blog berbahasa Indonesia bisa namun hanya fasilitas AdSense for search dan feed saja. Nah, daripada tidak dipasang, lumayan untuk tambahan penghasilan.

6.     Menjual jasa keahlian Anda. Anda pasti punya keahlian di bidang tertentu. Misalnya bisa membuat blog, bisa membuat header, logo design, dll. Anda bisa menjual jasa pembuatan blog, jasa pembuatan header, dan jasa lainnya di blog Anda. Untuk ini memang belum saya praktekkan karena masih sibuk didunia offline.

7.     Menjual produk digital sendiri. Selain menjual jasa di bidang Anda, Anda juga bisa membuat produk di bidang Anda. Contohnya saya bisa saja menjual e-book langkah mudah membuat dan memodifikasi blogspot. Namun, ebook tersebut saya bagikan gratis. Atau bisa juga contoh o-om yang menjual template premium bikinannya sendiri. Produk digital banyak sekali. Tergantung kekreatifan Anda.

8.     Menjual produk fisik sendiri. Anda bisa juga menjual produk fisik buatan Anda di blog Anda. Anda bisa jualan selimut, gantungan kunci, kaos, dll. Lebih mudah lagi, jika memang Anda sudah mempunyai usaha bisnis offline. Tinggal jual saja di blog Anda.

9.     Dengan menjual kembali produk/jasa orang lain. Ini merupakan solusi jika Anda tidak mempunyai keahlian atau waktu untuk mengerjakan produk/jasa. Carilah jasa yang murah, lalu Anda bisa jual dengan lebih mahal lagi. Anda tetap bisa profit.

10.   Dan masih banyak lagi! Menghasilkan uang dengan blog sebenarnya tidak terbatas. Anda bisa menerima konsultasi di bidang Anda. Atau menyulap blog Anda menjadi buku (seperti Raditya Dika). Atau dengan membuat kursus online (seperti Jonru). Atau dengan membuat seminar-seminar. Semuanya tergantung kreatifitas Anda dalam melihat peluang.

Itulah sepuluh cara menghasilkan uang dari blog berbahasa Indonesia dari Mas Jangka. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi Anda sahabat.




Anda sedang membaca artikel tentang 10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia dan anda bisa menemukan artikel 10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia ini dengan url http://tutorial-blogs.blogspot.com/2011/05/10-cara-menghasilkan-uang-dari-blog.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Berbahasa Indonesia sebagai sumbernya.

Related Stories Widget by LinkWithin